Kamis, 10 November 2016

PARADIGMA TAUHID


PARADIGMA TAUHID

Logika tauhid
    Alkisah,nabi Adam tinggal di surga bersama istrinya,Hawa.Namun,karena tergoda bisikan setan maka nabi Adam beserta istrinya ‘’terusir’’dari surga dan menjalani kehidupan di dunia.Tugas manusia di dunia adalah menyadari kedudukannnya sebgai khalifah allah,dan mengelola sumber daya alam untuk kesejahteraan semua.
  Dalam kedudukannya yang sedemikian terhormat,manusia harus’’melihat ke atas’’hanya kepada allah.Tidak boleh mempertuhankan diri sendiri atau orang lain.Dan kepada alam semesta, manusia harus melihat kebawah.Manusia tidak seharusnya menafsirkan gejala alam secara magis-mitologis yang pada akhirnya mengantarkan manusia dalam lembah kemusyrikan.
Logika syirik sebagai dosa terbesardlam ajaran islam.Syirik adalah tindakan manusia mengingkari ketinggian harkat dan martabatnya sebagai khalifah dibumi.Oleh karena itu,kemusyrikan dengan sendirinya adalah kekafiran yang nyata.Orang-orang kafir dengan kepercayaan yang sesat melakukan tindakan yang melanggar asas kemanusiaan. Contohnyaa:A.Orang musyrik quraisy yang mengorbankan(membunuh)anak perempuannya sebagai tumbal untuk tuhan!praktik ibadah yang tidak logis!!!Mereka serahkan anak perempuan untuk tuhan dan anak laki-laki untuk dirinya!Kaum kafir dikalangan ahl kitab memanipulasi ajaran Allah yang diturunkan kepada Nabi Musa dan Nabi Isa.Mereka merusak tauhid dengan mengarangncerita soal anak Tuhan dan trinitas.Mereka mengharamkan apa yang dihalalkan oleh Allah seperti dalam paham salibat dan vegetarianisme.
     Peran kekhalifahan manusia mengelola bumi demi kemakmuran umat manusia hanya bisa dilakukan oleah orang-orang yang beriman.Iman yang benar dapat mengantarkan manusia pada paaradigmapembanguan yang benar.,yakni mengelola sumberdaya alam sesuai hukum keseimbangan yang tetapkan Allah Ta’ala,tidak mengeramatkan alam,tetapi juga tidak merusaknya.
           






Tuhan Yang Maha Esa
Menurut ibn taimiyah ilah(tuhan)adalah yang dipuja penuh kecintaan hati,tunduk kepadanya,merendahkan diri di hadapa-nya,takut dan mengharapkannya,kepadanya tempat berpasrah.
Berdasarkan diatas dapat dipahami bahwa “Tuhan”itu bisa berbentuk apa saja yang dipentinkan oeh manusia seperti tahta,harta,dan popularitas.Manusia disadari atau tidak dapat terjerumus”mempertuhankan diri” dalam bentuk sifat ria,egoisme,takut,dan bimbang.Hal inilah yang erjadi kepada fir’aun dan haman.sesungguhnya telah datang kepada mereka Musa dengan (membawa bukti-bukti)keterangan yang nyata akan tetapi mereka berlaku sombong dimuka bumi dan tiadalah mereka orang-orang yang luput (dari kehancuran itu).(QS.Al-‘Ankabut[29]:[39)
Misi utama para Nabi dan Rasul adalah mengajarkan tauhid,sebagaimana firman Allah SWT:





VISI KEMAKMURAN TAUHID RUBUBIYAH
Tauhid rububiyah berintikan pada penegasan atas keesaan allah dalam af’al-nya dalam penciptaan dan pemeliharaan semesta.
            Tauhid rububiyah merupakan sebuah pandangan umum tentang realitas kebenaran dan menjadi landasan kosmologi islam dan menciptakan prinsip-prinsip berikut.
Pertama,dualitas.realitas meliputi dua kategori umum yaitu tuhan dan bukan tuhan.sedangkan elitas kedua berupa tatanan ruang dan waktu,pengalaman dan proses penciptaan,dan yang sepenuhnya tunduk pada ketentuan tuhan.
Kedua,ideasionalitas.hubungan antara dua struktur realitas pada dasarnya bersifat ideasional.manusia memiliki dan memahami kehendak tuhan baik secara langsung melalui pemahaman terhadap kehendak yang tersurat dalam firmannya.
Ketiga,teleologis.hakikat kosmos bersifat teleologis,yakni bertujuan atau didasarkan pada maksud tertentu.
Tauhid rububiyah membantah asumsi hukum kelangkaan yang disuarakan para ekonom sekuler dengan tiga alasan penting:

1.secara teologis,tuhan telah menjamin rizky makhluk-nya.persediaan sumber daya alam tak terbatas dalam jangka panjang.kelangkaan dan malapetaka terjadi bukan karena ketidakmampuan bumi melainkan disebabkan perilaku serakah.akibat keserakahan dan salahkelola itu adalah polusi air dn udaramenurunnya hasil ikan,terancamnya satwa langka,serta kemungkinan rusaknyaatmosfer bumi.
2.kenyataan alamiah,bahwa tanaman dan hewan jauh lebih subur daripada manusia.perempuan butuh waktu sembilan bulan utuk melahirkan dan jarang sekali melahirkan kembar 2 atau 3.dan hewan terutama sapi,kerbau dan hewan lainnya jauh lebih produktif.tanaman seperti padi,jagung,sagu dan bahan pangan pertanian lainnya bahkan lebih cepet pertamabahannya ketimbang hewan.
3.populasi(angkatan kerja)merupakan unsur penting bagi kemajuan ekonomi.manusia merupakan modal dasar pembangunan,bukan sekadar mulut yang harus diberi makan minum.


MISI PEMBEBASAN TAUHID ULUHIYAH
Tauhid uluhiyah berintikan pada penegasan atas keesaan allah dalam dzat-Nya terutama dalam aktivitas ibadah dan merupakan landasan horison teologi islam yang monotheistik.

“hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami memohon pertolongan”(QS.Al-Fatihah[1];5)

PERADABAN TAUHID MULKIYAH
Tauhid mulkiyah berintikan pada ke esaan dalam kekuasaan dan hukumnya.seorang yang beriman bertekad untuk senantiasa menyelaraskan segala gerak langkah dan keinginannya sesuai dengan kehendak allah sebagaimana termaktub dalam kitab suci,al-Quran.kitab-kitab allah yang diterangkan adalah:taurat yang diturunkan kepada musa a.s,zabur kepada daud a.s,injil kepada isa a.s,dan shuhuf(lembaran-lembaran khusus) kepada ibrahim a.s,serta al-Quran sebagai saksi tentang kebeneran kitab-kitab yang lalu dan sekaligus menjawab menyelesaikan perbedaan pendapat para penganut agama.
SPIRITUALITAS MASYARAKAT BERADAB
Mengenai ketuhanan allah,kaum muslimin sepakat bahwa Allah maha esa dan tidak ada sesuatupun yang semisal dengan-Nya.kemudian manusia wajib berakhlak sesuai dengan akhlah allah.
Asma allah yang indah sebagai bagian dari kepercayaan tauhid merupakan landasan etis umat islam.pribadi bertauhid berusaha menjaga harmoni pada semua tatanan kosmik:baik metakosmos,makrokosmos,ataupun mikrosmos.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar